Rabu, 09 Januari 2013




Laporan akhir tahun yang saya buat kali ini berjudul Laporan Penimbangan Balita.

·         buka mifcrosoft excel pada komputer anda.
Lalu buat sebanyak 20 sheet, Dan jangan lupa setiap sheet diberi nama. Sheet pertama dimulai dengan nama “data” sheet selanjutnya diberi judul dengan nama bulan, dimulai dari Januari-Desember dan setelah selesai nama bulan diberi nama semester 1 dst.

·         Pada lembar kerja pertama atau sheet "data" buatlah tabel sesuai dengan yang dibutuhkan. Tabel ini berisi mengenai nama bulan, target, pelapor, dan pimpinan. Ubah name box di kolom nama bulan sesuai dengan bulannya. Contoh bulan Mei -> Nama box dapat diganti dengan Mei. Begitu juga pada kolom pelapor, ubah name box menjadi natgp-(sesuai dengan nama bulan). Pada kolom pemimpin ubah name box menjadi napim-(sesuai dengan nama bulan).

·         Selanjutnya buat judul pada lembar kerja kedua dengan menggunakan rumus, =JUDUL&"PUSKESMAS"&PKM&" "&KAB"BULAN"&JAN&"TAHUN"&TAHUN.
Sebelumnya pada lembar kerja pertama atau sheet "data" ubah name box pada judul sesuai dengan rumus yang telah digunakan diatas.

·         Pada tiap-tiap cell tambahkan comment dengan mengarahkan kursor pada cell. Caranya yaitu dengan Klik kanan, insert comment.. dan buatlah comment sesuai dengan yang anda inginkan/butuhkan.

·         Selanjutnya editlah tabel yang akan dibuat sesuai dengan yang dibutuhkan. Lalu dalam menghitung anda dapat memakai rumus Anda dapat menggunakan =SUM (menjumlahkan), =AVERAGE (rata-rata) dan =COUNT (menghitung jumlah data)

·         Buat catatan di bawah tabel dengan menggunakan rumus
="catatan: pada bulan "&JAN&" ini, jumlah posyandu yang perlu dibina D/S nya adalah "&countif (K7:K17,"BINA" posyandu dan N/D nya sebanyak "&countif(L7:L17,"BINA")&"posyandu".

·         Langkah berikutnya buat tanggal pembuatan laporan dengan rumus
=TEMPAT",5 "&FEB&" "&TAHUN.

·         Langkah akhir anda dapat membuat grafik dengan langkah-langkah sebagai berikut :
1. Bloklah data yang akan menggunakan grafik
2. Pilih insert
3. sorot chart.
3. Pilih chart sesuai dengan yang anda inginkan.
4. Klik next lalu finish.
5. grafik juga bida di edit sesuai selera

·         Setelah itu copy lembar kerja pertama pada lembar kerja kedua (sheet "2"/ sheet "Februari").  Namun tetap sesuaikan data yang terdapat pada diagram dengan cara klik kanan pada diagram > select data > pada daftar sheet dibawah pilihnya sesuai dengan  bulan yang akan diubah > blok data yang diinginkan > ok.

·         Edit kembali lembar kerja seperti pada tabel judul dan grafik agar sesuai dengan nilai di setiap lembar kerja.

·         Laporan tahuan yang telah selesai bias di edit tampilannya sesuai yang kita inginkan dengan berbagai aplikasi yang terdapat pada mc. Excel

·         Nah, mudahkan caranya? Selamat mencoba
       
      Anda juga bisa melihat tulisan ini  DISINI
   
     Untuk lebih jelasnya, silahkan download (klik) 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar